Sabtu, 24 Oktober 2015

2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VIII/1
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan
Kompetensi Dasar : 2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
Indikator : (1) Membuat daftar pertanyaan untuk wawancara
(2) Melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari etika berwawancara dengan narasumber, peserta didik dapat:
Pertemuan pertama:
- Membuat daftar pertanyaan untuk wawancara dengan menggunakan kalimat yang baik dan benar
Pertemuan kedua:
- Melakukan kegiatan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
- Menulis pokok-pokok wawancara yang telah dipraktekkan dengan kalimat yang baik dan benar
- Menulis rangkuman wawancara dan menyampaikan hasil wawancara dengan bahasa yang mudah dipahami

B. Materi Pembelajaran
- Cara Berwawancara
- Etika Berwawancara

C. Metode Pembelajaran
a. Pemodelan
b. Inkuiri
c. Penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama

Kegiatan awal (15 menit)

Apersepsi: Guru memberikan salam, mengabsen peserta didik, kemudian melakukan tanya jawab mengenai pelajaran yang lalu dan mengaitkan dengan materi yang akan diajarkan, serta menyebutkan tujuan pembelajaran

Motivasi: Peserta didik diajak untuk menyimak tayangan video wawancara

Kegiatan inti (55 menit)

Eksplorasi:
- Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang video yang sudah di simak
- Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang cara wawancara dan etika berwawancara

Elaborasi:
- Guru mengelompokkan peserta didik menjadi 8 kelompok
- Peserta didik berkelompok menentukan narasumber yang akan diwawancarai
- Peserta didik secara berkelompok menyusun daftar pertanyaan untuk berwawancara dengan narasumber yang sudah ditentukan

Konfirmasi:
- Guru memberikan umpan balik dan penguatan kepada peserta didik

Kegiatan akhir (10 menit)
- Guru dan peserta didik melakukan refleksi
- Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempraktekkan wawancara dengan narasumber yang sudah ditentukan

Pertemuan kedua

Kegiatan awal (15 menit)

Apersepsi: Guru memberikan salam, mengabsen peserta didik, kemudian melakukan tanya jawab mengenai pelajaran yang lalu dan mengaitkan dengan materi yang akan diajarkan, serta menyebutkan tujuan pembelajaran

Motivasi: Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang tugas berwawancara

Kegiatan inti (55 menit)

Eksplorasi:
- Peserta didik duduk berkelompok dan menyiapkan tugas yang akan dipresentasikan

Elaborasi:
- Peserta didik secara berkelompok bergantian tampil di depan kelas
- Perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasil wawancara dengan narasumber di depan
- Peserta didik secara berkelompok menyimpulkan hasil wawancara

Konfirmasi:
- Guru memberikan umpan balik dan penguatan kepada peserta didik

Kegiatan akhir (10 menit )
- Guru memberikan refleksi kepada peserta didik
- Guru memberitahukan kepada peserta didik mengenai materi pada pertemuan selanjutnya

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Rekaman wawancara
2. Buku Bahasa Indonesia SMP kelas VIII, Agus Supriyatna, 2007, Grafindo, Halaman 2-9
3. Buku Bahasa Indonesia SMP kelas VIII, Maryati, 2008, Depdiknas, Halaman 34-36

F. Penilaian
a. Teknik: Tes tertulis, tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen: Tes uraian, tes simulasi
c. Soal/Instrumen:

1. Buatlah daftar pertanyaan yang tepat digunakan untuk melakukan wawancara!
Pedoman Penskoran



No.
Kegiatan
Skor
1
Siswa menyusun 5 atau lebih pertanyaan yang tepat digunakan untuk melakukan wawancara
10
2
Siswa menyusun 4 pertanyaan yang tepat digunakan untuk melakukan wawancara
8
3
Siswa menyusun 3 pertanyaan yang tepat digunakan untuk melakukan wawancara
6
4
Siswa menyusun 2 pertanyaan yang tepat digunakan untuk melakukan wawancara
4
5
Siswa menyusun 1 pertanyaan yang tepat digunakan untuk melakukan wawancara
2
6
Siswa tidak menyusun pertanyaan yang digunakan untuk melakukan wawancara
0

Skor Maksimum
10

2. Berdasarkan pertanyaan yang kamu susun, lakukan wawancara dengan seorang narasumber dengan memperhatikan etika wawancara!

Rubrik Penilaian Berwawancara
Berilah tanda cek (√) pada kolom nilai 1,2,3, atau 4 dengan ketentuan: 1 =  kurang; 2 = sedang; 3 = baik; 4 = sangat baik.

Nama siswa :
Tanggal :
Topik wawancara :


No.
Aspek
Deskriptor
1
2
3
4
1
Etika berwawancara
a. Mengucapkan salam dan sapaan penghormatan ketika memulai wawancara




b. Mengajukan pertanyaan dengan cara yang sopan dan ramah




c. Mengucapkan salam penutup dan terima kasih ketika mengakhiri awwancara




2
Kesesuaian pertanyaan
Pertanyaan yang diajukan sesuai dengan pertanyaan yang disusun




3
Kesesuaian visualisasi
Visualisasi mendukung isi pertanyaan yang diajukan




4
Pelafalan
Pelafalan kata secara jelas dan tepat




5
Jeda dan Intonasi
Pengaturan jeda, tinggi-rendah nada, keras-lemah suara, dan cepat-lambat cerita




6
Kontak mata
Berkomunikasi dengan narasumber dengan melakukan kontak mata




Skor maksimal
No 1 a)  = 5
No 1 b)  = 5
No 1 c)  = 5
No 2  = 10
N0 3 = 5
No 4  = 5
No 5  = 5
No 6  = 5
Jumlah = 45

3. Catatlah pokok-pokok wawancara yang kamu lakukan!
Pedoman Penskoran



No.
Kegiatan
Skor
1
Siswa mencatat pokok-pokok wawancara yang dilakukan secara utuh dan lengkap
15
2
Siswa mencatat sebagian besar pokok-pokok wawancara yang dilakukan
10
3
Siswa mencatat sebagian kecil pokok-pokok wawancara yang dilakukan
5
4
Siswa tidak mencatat pokok-pokok wawancara yang dilakukan
0

Skor Maksimum
15
 

4. Buatlah rangkuman wawancara dan sampaikan hasil wawancara dengan Bahasa yang mudah dipahami!



No.
Kegiatan
Skor
1
Siswa menyusun rangkuman wawancara berdasarkan pokok-pokok wawancara yang telah dicatat
10
2
Siswa menyusun rangkuman wawancara, tetapi tidak berdasarkan pokok-pokok wawancara yang telah dicatat
5
3
Siswa tidak menyusun rangkuman wawancara
0
4
Siswa menyampaikan hasil wawancara dengan bahasa yang mudah dipahami
10
5
Siswa menyampaikan hasil wawancara dengan bahasa yang sulit dipahami
5
6
Siswa tidak menyampaikan hasil wawancara
0

Skor Maksimum
20


Skor total maksimum soal 1,2,3, dan 4 = 10 + 45 + 15 + 20 = 90
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagi berikut.
                          Perolehan Skor
Nilai akhir    = ---------------------------- X Skor Ideal (100) = . . .
                          Skor Maksimum (90)

Mengetahui,                                                                                        Bogor, 18 Agutus 2015
Kepala Sekolah                                                                                   Guru


Nama Kepala Sekola                                                                           Nama Guru

NIP.                                                                                                    NIM. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar