Senin, 26 Oktober 2015

Paragraf

Paragraf

1. Pengertian Paragraf
2. Ide Pokok
3. Tujuan Pembuatan Paragraf
4. Kepaduan Paragraf

Sejarah paragraf/alinea

Paragraf diserap dari bahasa Inggris paragraph.

Kata ini pun berasal dari kata Yunani:
para- yang berarti ‘sebelum’
grafein yang berarti ‘menulis’.

Dahulu paragraf atau alinea adalah sebuah karangan yang tidak dipisah-pisahkan seperti sekarang, pada bagian awal baris pertamanya ditempatkan tanda sebagai ciri awal paragraf.

Alinea dari bahasa Belanda. Kata Belanda itu sendiri dari kata Latin a linea yang berarti ‘mulai dari baris baru’.

Pengertian paragraf/alinea:

a. Bagian dari wacana yang berisi satu gagasan pokok dan dapat diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas.
b. Bagian dari suatu karangan atau tuturan yang terdiri dari sejumlah kalimat yang mengungkapkan satuan informasi dengan ide pokok sebagai pengendalinya, dalam ragam tulis biasanya ditandai dengan kalimat yang menjorok ke dalam atau spasi yang berbeda.

Macam-macam alinea:
a. alinea pembuka
b. alinea penghubung
c. alinea penutup

Alinea pembuka
a. membuka suatu karangan
b. menarik minat dan perhatian pembaca
c. menyiapkan pikiran pembaca

Alinea penghubung
Semua alinea yang terdapat di antara alinea pembuka
dengan alinea penutup.

Alinea penutup
a. mengakhiri karangan/bagian karangan
b. mengandung kesimpulan yang bulat dan betul-betul mengakhiri uraian
c. menimbulkan banyak kesan

Ide Pokok:
a. Ide pokok yang terletak pada bagian awal paragraf
b. Ide pokok yang terletak pada bagian akhir paragraf
c. Ide pokok yang terletak pada bagian awal dan akhir paragraf

Ide pokok yang terletak pada bagian awal paragraf pada umumnya mengandung pernyataan yang bersifat umum, pernyataan yang masih memerlukan pengembangan, rincian, dan penjelasan lebih lanjut Jadi, alur pikiran yang dikemukakan dalam paragraf itu bersifat deduktif

Contoh:
Perkembangan teknologi komunikasi dirasakan sangat cepat berubah. Perubahan telepon dari telepon rumah ke telepon genggam merupakan salah satu bukti nyata. Jika beberapa tahun yang lalu komunikasi hanya bisa dilakukan dengan suara, kini telepon genggam bisa digunakan sambil bertatap muka. Saat ini pun puluhan merek telepon genggam bermunculan dalam waktu yang bersamaan dilengkapi dengan fasilitas yang semakin lengkap.

Ide pokok yang terletak pada bagian akhir paragraf

Ide pokok yang terletak pada bagian akhir paragraf pada umumnya merupakan kesimpulan atau rangkuman dari hal yang dikemukakan pada kalimat-kalimat di awal tulisan. Penulis lebih dahulu mengemukakan beberapa kejadian, peristiwa, atau keadaan, kemudian pada akhir paragraf dikemukakan kesimpulan atau rangkuman. Jadi, alur pikiran yang dinyatakan pada paragraf itu bersifat induktif.

Contoh:
Sulit rasanya saat ini menemukan mahasiswa yang tidak memiliki komputer terlebih di kampus yang berbasis teknologi. Komputer membantu mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliahnya. Selain itu, mahasiswa dapat belajar berbagai program komputer dan bereksperimen dengan komputernya. Oleh sebab itu, penggunaan komputer di kalangan mahasiswa merupakan hal yang biasa.

Ide pokok yang terletak pada bagian awal dan akhir paragraf

Ide pokok yang terletak pada bagian awal paragraf bersifat umum yang sudah tentu masih memerlukan penjelasan lebih lanjut, sedangkan ide pokok yang terletak pada bagian akhir paragraf sebenarnya merupakan ulangan dari ide pokok yang terletak pada awal paragraf, tetapi bentuk kalimat atau kata-katanya tidak sama tepat. Maksud penulis mengulang ide pokok itu ialah untuk menguatkan pernyataan yang dinyatakannya pada ide pokok. Jadi, alur pikirannya bersifat deduktif-induktif.

Contoh:
Ziddu adalah sebuah situs web yang menyediakan fasilitas penyimpanan data secara online dalam kapasitas besar. Tujuan dari situs tersebut adalah menyediakan fasilitas penyimpanan berupa data, audio, video, gambar untuk bisa di-sharing atau dibagikan kepada orang lain selama dia online di Internet. Cara untuk menyimpan file sangatlah mudah Anda tinggal mengunggah file tersebut baik secara satuan (single file) atau secara masal (multi file). Jadi, ziddu merupakan situs web dengan kemampuan penyimpanan data yang cukup besar.

Tujuan pembuatan paragraf:
a. memudahkan pemahaman dengan menceraikan suatu tema dari tema yang lain,
b. memisahkan dan menegaskan perhentian secara wajar dan formal.

Syarat-syarat membentuk alinea:
1. kesatuan/kepaduan:
semua kalimat secara bersama-sama menyatakan suatu hal dan berhubungan erat.
2. koherensi dan kohesi
3. perkembangan alinea
4. perincian dari gagasan-gagasan yang membina alinea:
a. kemampuan memperinci gagasan utama secara maksimal ke dalam gagasan-gagasan bawahan
b. kemampuan mengurutkan gagasan bawahan secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar