Kamis, 22 Oktober 2015

Memahami dan Menangkap Makna Teks Biografi

Definisi Teks Biografi

Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti 'hidup', dan graphien yang berarti 'tulisan'. Jadi, biografi adalah tulisan tentang kehidupan seseorang atau riwayat hdiupnya. Biografi dapat berbentuk beberapa baris kalimat saja (biografi singkat), tetapi juga dapat berupa sebuah buku (biografi lengkap).

Biografi singkat hanya memaparkan fakta-fakta penting dari kehidupan seseorang dan peran pentingnya yang harus diceritakan secara singkat, sedangkan biografi lengkap meiliputi berbagai informasi penting yang dikisahkan secara lebih detail atau rinci dengan gaya bercerita yang baik.

Biografi merupakan kisah kehidupan seseorang yang bersumber pada kisah nyata (nonfiksi) yang lebih kompleks daripada sekadar data tanggal lahir atau tanggal kematian dan data pekerjaan seseorang. Sebuah biografi dapat juga menceritakan perasaan sang tokoh saat mengalami berbagai kejadian dalam kehidupannya.

Biografi biasanya berisi kehidupan seorang tokoh terkenal, baik tokoh yang telah meninggal maupun yang masih hidup. Biasanya biografi ditulis secara kronologis, sesuai urutan waktu kejadiannya. namun, ada beberapa biografi yang berfokus pada topik-topik atau pencapaian tertentu saja dari sang tokoh.

Struktur Teks Biografi

Teks biografi tersusun dalam struktur berikut.
- Judl
- Pengenalan identias tokoh : berisi tentang data-data tokoh yang diceritakan, seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, pendidikan, prestasi, dsb.
- Paparan perjuangan : berisi perjalanan hidup/prestasi disertai permasalahan yang dihadapi dan keunggulan atau prestasi yang dicapai tokoh, serta hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh.

Ciri-Ciri Kebahasaan Teks Biografi

- Penggunaan kata sifat
- Penggunaan kata kerja aksi yang menjelaskan aktivitas tokoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar