Rabu, 21 Oktober 2015

Contoh Teks Eksposisi Jejaring Sosial Terpopuler

Gambar Facebook sebagi situs jejaring sosial yang
menempati urutan pertama yang paling banyak digunakan di
seluruh dunia
Jejaring Sosial Terpopuler

Layanan web jejaring sosial kini menjadi bagian integral bagi masyarakat modern umumnya dan penduduk internet khususnya. Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, dll.

Ada banyak sekali layanan web jejaring sosial di luar sana dan masing-masing memiliki segmen masyarakat sendiri. Berikut adalah beberapa jejaring sosial yang terkenal alias populer di sunia maya.

1. Facebook, merupakan situs jejaring sosial paling populer saat ini dengan 1 miliar pengguna berbeda setiap bulan. Situs ini diprakarsai oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes pada tahun 2014. Facebook tergolong situs jejaring sosial yang umum. Tidak dikhususkan untuk suatu relasi sosial tertentu.

2. Twitter, memiliki setengah miliar pengguna atau hampir setengah pengguna Facebook yang didirikan pada tahun 2006. Termasuk pemain baru, Twitter langsung melejit menjadi situs jejaring sosial terkenal di dunia khususnya pengguna mobile. Banyak yang menggemari Twitter karena ringkas dan sangat cepat dalam update informasi. Twitter juga sering disebut-sebut sebagai "SMS-nya internet".

3. LinkedIn, berfokus pada relasi profesional yang didirikan pada tahun 2003. Sebagai situs yang bermain di bidang profesionalitas, kita juga bisa mencari relasi atau bahkan pekerjaan pada LinkedIn. Situs ini cocok untuk orang yang mencari pekerjaan sesuai dengan kriteria yang dimasukkan.

4. Myspace, masih memiliki gaung dengan 25 juta pengguna. Kini mereka lebih fokus ke ranah social music.

 5. Google+, bisa dibilang merupakan jejaring sosial paling baru yang meluncur pada tahun 2011. Google+ banyak digemari orang karena fitur barunya Circle dan Hangout yang memudahkan orang mengatur komunikasi dan berinteraksi dengan video.

6. Istagram, memiliki harga fantastis, 1 miliar dolar. Tak hanya sebuah jejaring sosial, Istagram juga sebagai aplikasi pengolah gambar. Saat ini istagram memiliki 100 juta pengguna.

7. LiveJournal, merupak jejaring sosial yang sangat dekat dengan blog. Fitur yang membedakan LiveJournal dari blog kebanyakan adalah fitur daftar teman sehingga ia seperti gabungan blog dan jejaring sosial.

8. Ning, merupakan jejaring sosial yang unik. Pengguna dapat membuat jejaring sosialnya sendiri di sini. Tampilan, rasa, dan bahkan set fitur setiap jejaring sosia; dapat diatur sendiri oleh pengguna.

Berdasarkan jumlah pengunjung per situs jejaring sosial di atas, jejaring sosial Facebook masih menempati urutan pertama sebagai platform yang paling banyak digunakan di seluruh dunia disusul Twitter dan LinkedIn.

(Sumber: albadrin.wordpress.com, dengan pengubahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar