Kamis, 29 Oktober 2015

Pemahaman Konsep

Pemahaman Konsep

Pengertian pemahaman

Pemahaman adalah suatu jenjang di ranah kognitif yang menunjukan kemampuan menjelaskan hubungan yang sederhana antara fakta-fakta dan konsep (Arikunto, 2007: 118). Pemahaman memerlukan kemampuan menangkap makna atau arti dari sesuatu konsep. Untuk itu maka diperlukan adanya hubungan atau pertautan antara konsep dengan makna yang ada dalam konsep tersebut. Ada tiga macam pemahaman yang berlaku umum; pertama pemahaman terjemahan, yakni kesanggupan menterjemahkan makna yang terkandung di dalamnya. Misal, memahami kalimat bahasa Indonesia, mengartikan lambang Negara, mengartikan Bhineka Tunggal Ika, dan lain-lain. Kedua pemahaman penafsiran, misalnya pemahaman grafik, menghubungkan kedua konsep yang berbeda, membedakan yang pokok dan yang bukan pokok. Ketiga pemahaman ekstraposisi, yakni kesanggupan melihat dibalik yang tertulis, tersirat dan tersurat, meramalkan sesuatu, atau memperluas wawasan (Sudjana, 2009: 51).

Pemahaman yang dimaksud dalam penelititian ini adalah suatu kemampuan untuk mengerti secara benar konsep-konsep atau fakta-fakta. Pemahaman sebagai salah satu indikator kadar keberhasilan belajar siswa dapat bernilai amat baik, baik, cukup, dan jelek. Pemahaman (understanding) merupakan prasyarat mutlak untuk menuju tingkatan kognitif yang lebih tinggi, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi.

Pengertian konsep

Konsep merupakan ide yang mengkombinasikan beberapa unsur berbeda ke dalam satu unsur tunggal (Suprijono, 2009: 15). Setiap konsep tidak dapat berdiri sendiri, setiap konsep dapat dihubungkan dengan konsep-konsep lain dan hanya mempunyai makna bila dikaitkan dengan konsep-konsep lain. Konsep-konsep bersama-sama membentuk semacam jaringan pengetahuan di dalam kepala manusia. Pemahaman tentang sebuah konsep sangat penting dalam pembelajaran di kelas karena manfaat belajar konsep akan memberikan keuntungan bagi siswa. Keuntungan dari belajar konsep adalah:
(1) mengurangi beban berat memori karena kemampuan manusia dalam mengkategorikan berbagai stimulus terbatas,
(2) meupakan unsur pembangun berpikir,
(3) merupakan dasar proses mental yang lebih tinggi,
(4) diperlukan untuk memecahkan masalah.
(Uno, 2011: 10).

Pengertian pemahaman konsep

Pemahaman konsep adalah kemampuan mengungkapkan makna suatu konsep yang meliputi kemampuan membedakan, menjelaskan, menguraikan lebih lanjut, dan mengubah konsep. Pemahaman konsep dalam penelitian ini adalah konsepsi siswa yang sama dengan konsepsi para fisikawan yang menyangkut pemahaman siswa dalam memahami hubungan antar konsep pada materi yang diajarkan.

Sering kali pelajar hanya menghafalkan definisi konsep tanpa memperhatikan hubungan antara konsep dengan konsep-konsep yang lainnya. Dengan demikian, konsep baru tidak masuk dalam jaringan konsep yang telah ada di dalam kepala siswa, tetapi konsepnya berdiri sendiri tanpa ada hubungan dengan konsep lain. Sehingga konsep baru tersebut tidak dapat digunakan oleh siswa dan tidak mempunyai arti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar