Senin, 19 Oktober 2015

Analisis Struktur Teks Diskusi Dampak Positif dan Negatif Permainan Daring

Judul

Dampak Positif dan Negatif Permainan Daring

Pendahuluan

Permainan  Daring (online games) adalah sejenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer sebagai medianya. Semakin murahnya koneksi internet membuat permainan daring semakin menjamur di Indonesia terutama di kota-kota besar. Lahan yang sempeit untuk bermain semakin mendukung perkembangan permainan daring.

Argumen: Argumen Pro

Dampak positif dari permainan ini adalah sebagai berikut:
- Melalui jaringan internet, pemain dimungkinkan untuk melakukan sosialisasi virtual tanpa dibatasi ruang dan waktu.
- Permainan daring seringkali menuntut pemainnya untuk menyusun strategi dalam waktu singkat sehingga permainan yang tepat dapat melatih respon dan kecepatan berpikir seseorang.
- Permainan daring dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata.
- Permainan daring juga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan kadang kala mereka chat dengan pemain lain dari berbagai negara.

Argumen: Argumen Kontra

Memang permainan ini memiliki banyak dampak positif seperti dijelaskan di atas, tetapi permainan daring juga memiliki dampak negatif yang tidak kalah banyaknya. Permainan ini dapat mengacaukan managemen waktu jika tidak diatur dengan baik. Banyak kasus di mana pemain kecanduan permainan daring bermain hingga lupa waktu dan melalaikan segala tanggung jawab dan pekerjaannya di dunia maya, seperti bolos sekolah. Di samping itu, sosialisasi fisik berkurang, karena pemain lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersosialisasi di dunia maya.

Selanjutnya, permainan daring juga dapat menggangu kesehatan. Duduk terus di depan komputer selama berjam-jam jelas menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, di antaranya kelelehan mata, mengganggu sirkulasi darah yang menyebabkan wasir, kerusakan otot pada tangan dan jari, dan menurunkan metabolisme.

Simpulan/saran

Sah-sah saja bermain games untuk mengusir penat tetapi mengingat daftar dampak negatif yang cukup panjang dan merugikan, pastikan kita memiliki kontrol diri yang kuat supaya dampak negatif yang ditimbulkan tidak mendominasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar