Jumat, 23 Oktober 2015

Mengklasifikasikan, Menelaah dan Merevisi Teks Biografi

Klasifikasi Teks Biografi

Teks biografi dapat dikelompokkan berdasarkan sisi penulis, isi, dan persoalan yang dibahas.

1. Jenis Biografi Berdasarkan Penulisnya
Berdasarkan sisi penulis dikenal istilah biografi dan otobiografi. Biografi adalah riwayat hidup yang ditulis oleh orang lain (bukan oleh tokohnya sendiri), sedangkan otobiografi adalah riwayat hidup atau biografi yang ditulis oleh tokohnya sendiri. Istilah "ditulis oleh tokohnya sendiri" ini bukan berarti harus benar-benar sang tokoh yang menulisnya; sang tokoh dapat meminta bantuan orang lain (profesional) untuk menuliskan biografi dirinya. Jadi, snag tokoh memaparkan riwayat hidupnya pada penulis, lalu si penulislah yang merangkai kalimat dan menyusun teks biografinya.

2. Jenis Biografi Berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya, biografi dikelompokkan menjadi biografi perjalanan hidup dan biografi perjalanan karir. Biografi perjalanan hidup berisi cerita perjalanan hidup lengkap atau sebagian yang paling berkesan. Biografi perjalanan karir berisi cerita perjalanan karir dari awal hingga karir terbaru, atau sebagian perjalanan karir dalam mencapai sukses tertentu.

3. Jenis Biografi Berdasrkan Persoalan yang Dibahas
Berdasarkan persoalan yang dibahas, biografi dapat dikelompokkan menjadi biografi politik, biografi intelektual, dan biografi jurnalistik. Biografi politik memuat riwayat tokoh-tokoh dari sudut pandang politik, bahan penulisan dikumpulkan melalui riset, tetapi tidak lepas dari kepentingan politik penulis ataupun tokoh yang ditulisnya. Biografi intelektual juga disusun berdasarkan riset dan segenap temuannya disajikan dalam gaya penulisan ilmiah. Sementara itu, biografi jurnalistik atau biografi sastra adalah biografi yang meterinya disusun berdasarkan hasil wawancara terhadap tokoh yang akan ditulis maupun orang lain yang menjadi rujukan.

Penelahaan Tesk Biografi

- Menelaah judl teks
- Menelaah ketepatan dan kelengkapan identitas tokoh
- Menelaah perjuangan/prestasi/hal-hal lain yang dapat diteledani
- Menelaah bahasa teks biografi: kata sifat dan kata kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar