RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/semester : VIII/F
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan
Komptensi Dasar : 2.2 Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
Indikator : 1) Mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu, ruang, atau topik
2) Menyampaikan laporan secara lisan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari cara menyampaikan laporan secara lisan, siswa dapat:
1) Mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu, ruang, atau topik
2) Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
2) Materi Pembelajaran
1) Mencatat pokok-pokok laporan
2) Menyampaikan laporan perjalanan
3) Metode Pembelajaran
a. Pemodelan
b. Tanya jawab
c. Demonstrasi
4) Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama (2 x 40 menit)
1. Kegiatan awal (15 menit)
Apersepsi:
§ Guru memberikan salam, mengabsen peserta didik, kemudian melakukan tanya jawab mengenai pelajaran yang lalu dan mengaitkan dengan materi yang akan diajarkan, serta menyebutkan tujuan pembelajaran
Motivasi:
§ Guru menayangkan sebuh contoh video tentang lapaoran perjalan, lalu meminta peserta didik untuk menyimak dengan baik
2. Kegiatan inti (55 menit)
Eksplorasi:
§ Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang video lapaoran perjalanan yang telah ditayangkan oleh guru
§ Guru membuat peserta didik berkelompok
§ Setiap kelompok menerima format tanggapan cara penyampaian laporan perjalanan
§ Peserta didik diberikan waktu untuk mengingat kembali perjalanan yang terakhir kali dilakukan
§ Secara individu peserta didik mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu, ruang, atau topik
Elaborasi:
§ Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan cara penyampaian laporan dari segilafal, intonasi, ekspresi, dan Bahasa
§ Peserta didik dalam kelompoknya menyampaikan laporan perjalanan dan peserta didik yang lain menilai
§ Peserta didik yang terbaik di dalam kelompoknya menyampaikan kembali laporan perjalanan di depan kelas dan kelompok yang lainnya menilai dengan memperhatikan segilafal, intonasi, ekspresi, dan bahasa yang baik dan benar
§ Setiap perwakilan kelompok menyampaikan laporan perjalanan di depan kelas dengan memperhatikan lafal, intonasi, ekspresi, dan bahasa yang baik dan benar
§ Setiap kelompok menilai cara penyampaian laporan perjalanan kelompok lain dengan rubrik penilaian yang telah disediakan guru
§ Peserta didik memilih peserta didik yang terbaik dalam penyampaian laporan perjalanan
§ Peserta didik yang terbaik di beri penghargaan
Konfirmasi:
§ Guru memberikan umpan balik dan penguatan kepada peserta didik tentang penyampaian hasil laporan perjalanan
§ Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi
3. Kegiatan akhir (10 menit)
§ Peserta didik dan guru melakukan refleksi
5. Sumber Belajar
1) Buku Bahasa Indonesia SMP kelas VIII, Agus Supriyatna, 2007, Grafindo, Halaman 43-45
2) Buku Bahasa Indonesia SMP kelas VIII, Maryati, 2008,Depdiknas, Halaman 14-16
3) Video laporan perjalanan
4) Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
6. Penilaian
a. Teknik : penugasan (tes lisan)
b. Bentuk instrument : tugas individu (uji petik kerja produk)
c. soal / instrumen : ………………
1. Sampaikan laporan perjalananmu secara lisan di depan kelas!
Pedoman penskoranNo. | Aspek | Deskripsi Penilaian | Skor |
1 | Lafal | a. lafal jelas | 2 |
b. lafal kurang jelas | 1 | ||
c. lafal tidak jelas | 0 | ||
2 | Intonasi | a. intonasi tepat | 2 |
b. intonasi kurang tepat | 1 | ||
c. intonasi tidak tepat | 0 | ||
3 | Ekspresi | a. ekspresi sesuai | 2 |
b. ekspresi kurang sesuai | 1 | ||
c. ekspresi tidak sesuai | 0 | ||
4 | Bahasa | a. bahasa efektif | 2 |
b. bahasa kurang efektif | 1 | ||
c. bahasa tidak efektif | 0 | ||
5 | Kelancaran penyampaian laporan | a. lancar | 2 |
b. kurang lancar | 1 | ||
c. tidak lancar | 0 | ||
Skor maksimal | 10 |
Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100
Skor Perolehan
Nilai akhir = ------------------ x Skor Ideal (100)
Skor Maksimal (10)
Mengetahui, Bogor, 18 Agutus 2015
Kepala Sekolah Guru
Nama Kepala Sekola Nama Guru
NIP. NIM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar