Senin, 16 November 2015

3.2 Mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera dalam denah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(ke-4)

Sekolah                       : SMP
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VIII/1
Standar Kompetensi      : 3.    Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat
Kompetensi Dasar       : 3.2 Mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera dalam denah
Indikator                     : (1) Mampu mendeskripsikan arah mata angin
(2) Mampu mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju dari tempat yang paling dekat
 (3) Mampu mendeskripsikan beberapa rute yang bisa ditempuh menuju ke tempat yang dituju
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)


A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelejari membaca memindai sebuah denah, siswa dapat:
§  Peserta didik  mampu membaca arah mata angin dengan tepat
§  Peserta didik mampu menjelaskan arah ke tempat yang dituju dari tempat yang paling dekat dengan tepat
§  Peserta didik  mampu mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju
B.     Materi Pembelajaran
1.      Membaca denah
2.      Membaca arah mata angin
C.    Metode Pembelajaran
a.       Pemodelan
b.      Inkuiri
c.       Demonstrasi

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan awal (15 menit)
§  Guru memberikan salam, mengabsen peserta didik, kemudian melakukan tanya jawab mengenai pelajaran yang lalu dan mengaitkan dengan materi yang akan diajarkan, serta menyebutkan tujuan pembelajaran
Apersepsi:
§  Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang arah mata angin
§  Peserta didik mengemukakan pengalaman mencari sebuah lokasi
§  Peserta didik menyebutkan kegunaan denah
Motivasi:
Peserta didik membuat denah letak atau tempat.
2.      Kegiatan inti (55 menit)
Eksplorasi:
§  Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas materi yang akan dipelajari dari beraneka ragam sumber
§  Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru
§  Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
§  Guru memfasilitasi peserta didik mendeskripsikan tempat atau  arah dalam konteks yang sebenarnya  yang sebenarnya sesuai yang tertera di dalam denah
Elaborasi:
§  Guru memfasilitasi peserta didik mencermati petunjuk arah mata angin
§  Guru memfasilitasi peserta didik menyebutkan delapan arah mata angin
§  Guru memfasilitasi peserta didik menunjukkan delapan arah mata angin
§  Guru memfasilitasi peserta didik mencermati sebuah denah
§  Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengemukakan letak suatu tempat sesuai yang tertera dalam denah
§  Guru memfasilitasi peserta didik  menjalaskan perjalanan yang paling dekat ke tempat yang dituju sesuai yang tertera dalam denah
§  Guru memfasilitasi peserta didik menjelaskan rute perjalanan ke tempat yang dituju sesuai yang tertera dalam denah



Konfirmasi:
§  Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan,tulisan, terhadap keberhasilan siswa
§  Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
§  Bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui

3.      Kegiatan akhir (10 menit)
§  Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat simpulan.
§  Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
E.     Alat dan Sumber Belajar
1.      Gambar denah
2.      Buku Bahasa Indonesia SMP kelas VIII, Agus Supriyatna, 2007, Grafindo, Halaman 2-9
3.      Buku Bahasa Indonesia SMP kelas VIII, Maryati, 2008,Depdiknas, Halaman 34-36
F.     Penilaian
a.       Teknik                         : Tes tertulis
b.      Bentuk instrumen        : Tes uraian
c.       Soal/Instrumen            :

1.      Deskripsaikan arah mata angin dengan arah sebenarnya !
Mendeskripsikan tepat
Skor 3
Mendeskripsikan kurang tepat
           Skor  1
Tidak bisa mendeskripsikan
          Skor  0







2.      Deskripsikan arah yang paling dekat ke tempat yang dituju berdasarkan denah!
Mendeskripsikan denga tepat
         Skor 3
Mendeskripsikan kurang tepat
           Skor 2
Mendeskrisikan tidak tepat
          Skor  0










3.      Deskripsikan rute yang bisa ditempuh untuk menuju ke tempat yang dituju berdasarkan denah !

Mendeskrpisikan beberapa rute ( skor 3 )

Mendeskripsikan satu rute     ( skor 2 )
Mendeskripsikan rute tidak tepat (  1 )





Skor maksimum
Nomor  1 =  3
Nomor   2 = 3
Nomor   3 = 3
Jumlah      =  9

Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100
Skor Perolehan
Nilai akhir       =          --------------------------                X         Skor Ideal (100) = . . .
                                    Skor Total Maksimal


Mengetahui,                                                                                        Bogor, 18 Agutus 2015
Kepala Sekolah                                                                                   Guru


Nama Kepala Sekola                                                                           Nama Guru

NIP.                                                                                                    NIM. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar