Rabu, 11 November 2015

Perubahan Intern

Perubahan Intern

Yang dimaksud dengan proses morfologis dengan perubahan intern adalah proses morfologis yang menyebabkan perubahan-perubahan bentuk morfem-morfem yang terdapat di dalam morfem itu sendiri. Contoh dalam bahasa Inggris berikut memperjelas bagaimana prose morfologis melalui perubahan intern.

Tunggal Jamak
/fut/ /fiyt/ ‘kaki’
/maws/ mays/ ‘tikus/

Waktu Kini Waktu Lampau
/ran/ /raen/ ‘lari’
/teyk/ /tuk/ ‘mengambil’

Baik pada jamak maupun waktu lampau tidak dapat kita tentukan bagian mana yang mengandung makna lampau. Yang tampak adalah perubahan /u/ menjadi /iy/, /aw/ menjadi /ay/, /a/ menjadi/ae/, dan /ey/ menjadi /u/. Dengan begitu dapat ditandai bahwa /u/ menjadi /iy/ pada fut menjadi feet /aw/ menjadi /ay/ mouse menjadi mice merupakan perubahan tunggal ke bentuk jamak, /sedangkan, /a/ menjadi/ae/, pada ran, dan /ey/ menjadi /u/ pada take menajdi took merupakan waktu kini ke waktu lampau.

Suplisi

Yang dimaksud dengan proses morfologis dengan suplisi adalah adalah proses morfologis yang menyebabkan adanya bentuk yang sama sekali baru. Contoh dalam bahasa Inggris berikut memperjelas bagaimana prose morfologis melalui Suplisi
Waktu Kini Waktu Lampau
{gow} {went} ‘pergi’
{eam} {w s} ‘adalah’

Tampak sekali perubahan kala lampau yang berbeda sama sekali dengan kala kini. Kata {gow} misalnya, yang menunjukkan kala kini berubah menjadi {went} yang tidak ada tanda yang sama dengan bentuk lampaunya {went}, sehingga dikatakan proses morfologis seperti ini adalah suplisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar