Jumat, 06 November 2015

Pengertian Problem Based Instruction

Pengertian Problem Based Instruction

Problem Based Instruction adalah suatu kelompok strategi-strategi yang dirancang untuk mengajarkan keterampilan pemecahan masalah (problem solving) dan penelitian (inquiry), Problem Based Instruction memanfaatkan masalah sebagai focal point untuk keperluan investigasi dan penelitian siswa (Gijbels dkk dalam Jacobsen, 2009).

Arends (dalam Trianto, 2007:68) menyatakan Problem Based Instruction adalah suatu pendekatan pembelajaran yang berfokus pada siswa dalam menyelesaikan permasalahan otentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan keterampilan berpikir tingkat lebih tinggi, mengembangkan kemandirian dan percaya diri). Model Problem Based Instruction merupakan suatu model pembelajaran yang didasarkan pada suatu permasalahan yang membutuhkan penyelidikan autentik yakni penyelidikan yang membutuhkan penyelesaian nyata dari permasalahan yang nyata.

Problem Based Instruction dikenal melalui berbagai nama seperti Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning), Pembelajaran Projek (Project Based Learning), Pendidikan Berdasarkan Pengalaman (Experienced Based education), Belajar autentik (Authentic learning), Pembelajaran Berakar pada kehidupan nyata (Anchored instruction). Model pembelajaran tersebut merupakan implementasi dari teori belajar konstruktivisme.

Problem Based Instruction dirancang untuk mencapai tujuan-tujuan seperti menyelidiki, memahami dan membantu siswa menjadi pembelajar yang mandiri. Pengembangan keterampilan kerjasama di antara siswa dibutuhkan dalam pelaksanaan Problem Based Instruction untuk menyelediki masalah secara bersama. Siswa diajarkan untuk menjadi penyelidik yang aktif dengan tujuan membuat mereka berpikir tentang masalah dan jenis informasi yang yang mereka diperlukan. Model ini dirancang agar siswa berperan aktif dalam sebuah pembelajaran dengan melibatkan siswa dalam pengalaman nyata dan menjadi pembelajar yang mandiri. Pengalaman siswa yang diperoleh dari lingkungan dijadikan bahan dan materi guna memperoleh pengertian serta dapat dijadikan pedoman dan tujuan belajarnya. Problem Based Instruction dikembangkan untuk membantu siswa mengembangkan kemempuan berpikir, pemecahan masalah dan keterampilan intelektual (Ibrahim dan Nur 2001:7). Model PBI dapat dijadikan pendekatan yang efektif untuk pengajaran proses berpikir tingkat tinggi. Resnick (dalam Nur, 2011) menyatakan bahwa Problem Based Instruction dimaksudkan untuk membantu siswa berkinerja dalam situasi-situasi kehidupan nyata dan belajar peran-peran penting yang biasa dilakukan oleh orang dewasa. Pembelajaran ini membantu siswa untuk memproses informasi yang sudah jadi dalam benaknya dan menyusun pengetahuan mereka sendiri. Siswa harus mengansumsi, mengumpulkan informasi, menginterpretasi data, menginferensi, menganalisis, dan mengevaluasi.

Menurut Meltzer (dalam Jacobsen 2009:243) tujuan PBI adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa untuk dapat menyelidiki secara sistematis suatu pertanyaan atau masalah. Dengan berpartisipasi dalam aktivitas-aktivitas berbasis masalah yang telah tersusun rapi, siswa belajar bagaimana memecahkan masalah-masalah yang sama dengan cara yang komprehensif dan sistematis. PBI mengembangkan pembelajaran yang self-directed. Dengan bertanggung jawab atas investigasi mereka sendiri, siswa belajar bagaimana untuk mengatur dan mengontrol cara belajar mereka sendiri. Problem Based Instruction dapat dijadikan pendekatan yang efektif untuk pengajaran proses berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran ini membantu siswa untuk memproses informasi yang sudah jadi dalam benaknya dan menyusun pengetahuan mereka sendiri. Siswa harus mengansumsi, mengumpulkan informasi, menginterpretasi data, menginferensi, menganalisis, dan mengevaluasi. Problem Based Instruction dikembangkan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir dan pemecahan masalah, keterampilan berpikir dan perlibatan siswa dalam pengalaman nyata. Model ini dapat digunakan untuk melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah serta untuk mendapatkan pengetahuan tentang konsepkonsep penting.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Problem Based Instruction merupakan suatu model pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Siswa dituntut untuk menyelesaikan masalah dengan cara kerja ilmiah. Masalah-masalah yang dikaji dan diselesaikan dalam model ini adalah masalah-masalah yang otentik, dalam penyelesaian permasalahan itu, siswa membutuhkan penyelidikan secara langsung dengan menggunakan dasar dasar pengetahuan yang telah dimiliki oleh siswa, dengan seperti itu konsep yang dipelajari dan didapatkan siswa dalam pembelajaran adalah konsep-konsep yang konkret, bukan hanya sebatas konsep dan pengetahuan hafalan, karena siswa benar-benar mengalami dan merasakan sendiri apa yang sedang dan akan mereka pelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar