Senin, 09 November 2015

Pengertian Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)

Pengertian Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)

Menurut Ibrahim (2000:28) (dalam Hutasuhut, 2012) model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) adalah suatu pendekatan yang dikembangkan untuk melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut sebagai gantinya mengajukan pertanyaan kepada seluruh kelas. Numbered Heads Together (NHT) atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti Teknik Kepala Bernomor Terstruktur, hal ini memudahkan pembagian tugas. Dengan teknik ini, siswa belajar melaksanakan tanggung jawab pribadinya dalam saling keterkaitan dengan rekan-rekan kelompoknya. Teknik ini bisa digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia anak didik. Meskipun memiliki banyak persamaan dengan pendekatan yang lain, namun pendekatan ini memberi penekanan pada penggunaan struktur tertentu yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa.

Ibrahim (dalam Nardi, 2011) mengemukakan tiga tujuan yang hendak dicapai dalam pembelajaran kooperatif dengan tipe Numbered Heads Together (NHT) yaitu:
a. Hasil belajar akademik stuktural
Bertujuan untuk meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik.
b. Pengakuan adanya keragaman
Bertujuan agar siswa dapat menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai latar belakang.
c. Pengembangan keterampilan sosial
Bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa. Keterampilan yang dimaksud antara lain berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, mau menjelaskan ide atau pendapat, bekerja dalam kelompok dan sebagainya.

Menurut Ibrahim (2000:28) (dalam Siswanto dan Rechana, 2011) Numbered heads Together (NHT) sebagai model pembelajaran pada dasarnya merupakan sebuah variasi diskusi kelompok. Adapun ciri khas dari NHT adalah guru hanya menunjuk seorang siswa yang mewakili kelompoknya.
1. Kelompok Heterogen.
2. Setiap anggota kelompok memiliki nomor kepala yang berbeda-beda.
3. Berpikir bersama (Heads Together).

Dalam menujuk siswa tersebut, guru tanpa memberi tahu terlebih dahulu siapa yang akan mewakili kelompok tersebut.

Tahapan Dalam Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)

Model NHT merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri atas empat tahap yang digunakan untuk mereviu fakta-fakta dan informasi dasar yang berfungsi untuk mengatur interaksi siswa. Adapun langkah dalam pembelajan NHT antara lain yaitu penomoran, mengajukan pertanyaan, berfikir bersama, dan menjawab Ibrahim (2000: 28) (dalam Siswanto dan Rechana, 2011):
a. Penomoran
Penomoran adalah hal yang utama dalam NHT, dalam tahap ini guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok atau tim yang beranggotakan 4-5 orang dan memberi siswa nomor sehingga setiap siswa dalam tim mempunyai nomor yang berbeda, sesuai dengan siswa didalam kelompok.
b. Pengajuan Pertanyaan
Langkah berikutnya adalah mengajukan pertanyaan, guru mengajukan pertanyaan kepada siswa. Pertanyaan yang diambil dari materi pelajaran tertentu yang memang sedang dipelajari, dalam membuat pertanyaan usahakan dapat bervariasi hingga bersifat umum dan dengan tingkat kesulitan yang bervariasi pula.
c. Berpikir Bersama
Setelah mendapatkan pertanyaan-pertanyaan dari guru, siswa berpikir bersama untuk menemukan jawaban dan menjelaskan jawaban kepada anggota dalam timnya sehingga semua anggota mengetahui jawaban dari masing-masing pertanyaan.
d. Pemberian Jawaban
Langkah terakhir guru menyebut salah satu nomor dan setiap siswa dari tiap kelompok yang bernomor sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban untuk seluruh kelas, kemudian guru secara random memilih kelompok yang harus menjawab pertanyaan tersebut, selanjutnya siswa yang nomornya disebut guru dari kelompok tersebut mengangkat tangan dan berdiri untuk menjawab pertanyaan. Kelompok lain yang bernomor sama menanggapi jawaban tersebut.

Berdasarkan tahapan-tahapan, Sulistiyorini (2007) (dalam Winarti, 2012), membuat langkah-langkah pembelajaran NHT (Numbered Heands Together) adalah:

a. Pendahuluan
Persiapan
1) Guru melakukan apersepsi.
2) Guru mejelaskan tentang model pembelajaran NHT (Numbered Heands Together).
3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4) Guru memberikan motivasi.
b. Kegiatan Inti
Pelaksanaan pembelajaran model NHT (Numbered Heands Together)
Tahap pertama
1) Penomoran: guru membagi siswa dalam 6 kolompok yang beranggota 4-5 orang dan kepada setiap kelompok di beri nomor 1-5
2) Siswa bergabung dengan anggotanya masing-masing
Tahap kedua
Mengajukan pertanyaan: guru meengajukan pertanyaan berupa tugas untuk mengerjakan soal-soal.
Tahap ketiga
Berpikir bersama: siswa berpikir bersama dan menyatukan pendapatnya terhadap jawaban pertanyaan tersebut dan menyakinkan tiap anggota dalam timnya mengetahui jawaban tersebut.
Tahap keempat
1) Menjawab: guru memanggil siswa dengan nomor tertentu, kemudian siswa yang nomornya sesuai mengajungkan tangannya dan mencoba untuk menjawab pertanyaan untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya untuk seluruh kelas. Kelompok lain diberi kesempatan untuk berpendapat dan bertanya terhadap hasil diskusi hasil kolompok tersebut.
2) Guru mengambil hasil yang diperoleh masing-masing kelompok dan memberikan semangat bagi kelompok yang belum berhasil dengan baik. Guru memberikan soal latihan sebagai pemantapan terhadap hasil dari pekerjaan mereka.
c. Penutup
1) Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan.
2) Guru memberi tugas rumah
3) Guru mengingatkan siswa untuk mempelajari kembali materi yang telah diajarkan dan materi selanjutnya

Kelebihan Dan Kekurangan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)
Menurut Lundgren (dalam Nardi, 2011) Numbered Heads Together (NHT) memiliki kelebihan dan kekurangan.
1. Kelebihan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). yaitu a.) rasa harga diri menjadi lebih tinggi, b) memperbaiki kehadiran, c) penerimaan terhadap individu menjadi lebih besar, d) perilaku mengganggu lebih kecil, e) konflik antara pribadi berkurang, f) pemahaman yang lebih mendalam, g) meningkatkan kebaikan budi, kepekaan dan toleransi, h) hasil belajar lebih tinggi, i) nilai–nilai kerja sama antar murid lebih tinggi, j) kreatifitas murid termotivasi dan wawasan murid berkembang, karena mereka harus mencari informasi dari berbagai sumber. Selain itu secara lebih umum lagi bahwa kelebihan dari model Cooperative Learning tipe Numbered Heads together yaitu a) setiap siswa menjadi siap semua, b) dapat melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh, c) siswa yang pandai dapat mengajari siswa yang kurang pandai, d) tidak ada siswa yang mendominasi dalam kelompok.
2. Kekurangan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Setiap model yang kita pilih, tentu memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri. Salah satu kekurangan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) adalah kelas cenderung jadi ramai jika guru tidak dapat mengkondisikan dengan baik, keramaian itu dapat menjadi tidak terkendalikan. Sehingga mengganggu proses belajar mengajar, tidak hanya di kelas sendiri tetapi bisa juga mengganggu kelas lain. Terutama untuk kelas dengan jumlah siswa yang lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar