Sabtu, 07 November 2015

Macam Media Pembelajaran

Media pembelajaran digunakan untuk mencapai tujuan atau kompetensi dasar. Dilihat berdasarkan jenisnya, ada beberapa macam media yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu media audio, media visual, media audio visual, dan peraga (manusia).
a. Media audio adalah media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (hanya dapat didengar) yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan para siswa untuk mempelajari bahan ajar. Bentuk dari media audio adalah tape audio beserta kaset suara, dan radio.
b. Media visual adalah media yang hanya mengandalkan indera penglihatan. Media ini menampilkan gambar diam seperti foto, gambar atau lukisan, dan cetakan.
c. Media audio visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Contohnya dari media audio visual antara lain: televisi dan video.
d. Peraga (manusia) adalah media tertua yang digunakan untuk mengirimkan dan mengkomunikasikan pesan atau informasi dengan mengarahkan dan mempengaruhi proses belajar melalui eksplorasi terbimbing dengan menganalisis dari waktu ke waktu apa yang terjadi pada lingkungan belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar